Mengetahui Kola Superdeep Borehole, Sebuah Lubang Galian Terdalam di Dunia

Mengetahui Kola Superdeep Borehole, Sebuah Lubang Galian Terdalam di Dunia

elfcup.org – Kola Superdeep Borehole pertama kali digali pada 24 Mei 1970 di Distrik Pechengsky, Provinsi Oblast Murmansk, Uni Soviet. Ini adalah galian terdalam di dunia, yang masuk jauh, jauh sekali menuju inti Bumi. Dilansir The Sun, pada saat itu, AS dan Uni Soviet terlibat perang dingin.

Mereka berlomba-lomba menggali lubang terdalam di dunia. Di AS, proyek pengeboran dilakukan di pesisir Pasifik Meksiko, yakni Task Mohole. dengan kedalaman 3.600 hingga 183 meter di bawah dasar lautan.

Di sisi lain, peneliti Soviet di period 1970 hingga 1994, mengebor semenanjung Kola yang terletak di ujung utara Rusia.Mereka menciptakan lubang terdalam di dunia yang dinamakan Kola Superdeep Borehole– dan resmi memenangkannya dari lubang milik AS.

Kedalaman Kola Superdeep Borehole mencapai 12.262 meter atau 40.230 kaki. Lubang ini berdiameter 23 sentimeter. Tutup logamnya dilas sehingga aman.

Mengetahui Kola Superdeep Borehole, Sebuah Lubang Galian Terdalam di Dunia

Pengeboran yang dilakukan selama 24 tahun ini awalnya punya target galian mencapai 15 ribu meter.
Namun akhirnya hanya mampu menggali hingga kurang lebih 12 ribu meter saja. Salah satu temuan penting yang muncul dari Kola Superdeep Borehole adalah gneiss, yang ditemukan pada kedalaman 7 kilometer.

Gneiss adalah batuan metamorf yang terbentuk di bawah suhu dan tekanan tinggi. Penemuan lainnya adalah sebuah batu yang mirip dengan batuan dari bulan. Yang mengejutkan, pada kedalaman 12 kilometer, ada batuan berusia 2,7 miliar tahun.

Di sana, ditemukan pula fosil organisme yang bertentangan dengan gagasan ilmiah pada masa itu. Sejak tahun 1994, direktur Kola Superdeep, Dr Huberman, ingin melanjutkan penelitian itu, tetapi pemerintah saat itu kurang tertarik. Akhirnya, situs tersebut ditutup pada tahun 2008.

Leave a Reply